Materi Skill Test dan Bahasa Jepang Untuk Perawat Lansia atau Kaigo

  • Whatsapp
tokutei ginou kaigo

Materi Soal Tes Keterampilan Kaigo atau Perawat Lansia

Saat ini Jepang sedang mengalami kondisi dimana jumlah tenaga kerja produktif tidak seimbang dengan bertambahnya lansia. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya tenaga kerja di berbagai bidang. Meskipun sudah sejak lama pemerintah jepang melakukan penerimaan tenaga kerja asing dengan status magang, tampaknya hal tersebut masih belum juga memenuhi banyaknya kebutuhan tenaga kerja produktif.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terus meningkat tersebut, pemerintah jepang membuat  program baru tokutei ginou yang bertujuan untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja asing. Salah satu bidang pekerjaan yang masuk dalam program baru tersebut adalah bidang perawat atau care worker. Bidang perawat ini bisa dibilang menjadi bidang yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Pasalnya dari 345.000 total kebutuhuan tenaga kerja, 60.000 diantaranya dibuka untuk bidang perawat.

Read More

Besarnya kebutuhan tenaga kerja dibidang perawat tersebut tentunya menjadi sebuah peluang besar bagi Indonesia. Karena di Indonesia banyak terdapat akademi atau program pelatihan keperawatan. Terlebih pemerintah indonesia juga sudah lama menjalin kerja sama dengan jepang dalam pengiriman perawat dengan program G to G. Oleh sebab itu pastinya pemerintah indonesia juga sudah mengetahui kualifikasi perawat seperti apa yang paling disukai di negara jepang.

Baca Juga :  Update Terbaru Tokutei Ginou, Cara Pendaftaran Visa Kerja ke Jepang

Perawat Indonesia Di Mata Jepang

Berdasarkan dari pengalaman-pengalaman para trainee bidang perawat yang sudah melaksanakan program magang di jepang, perawat yang berasal dari indonesia dikenal sebagai tenaga kerja yang rajin, disiplin, berperilaku baik, bekerja dengan hati, dan gigih dalam usaha untuk bisa menguasai Bahasa Jepang. Dengan memiliki kesan yang baik seperti ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah permintaan tenaga kerja dari Indonesia khususnya dalam bidang perawat.

Bagi teman-teman yang memiliki background pendidikan keperawatan, atau siapa saja yang mau belajar tentang bagaimana menjadi seorang perawat, tidak ada salahnya jika anda mencoba program baru dari pemerintah Jepang ini. Selain untuk mendapatkan uang, dengan bekerja di negara maju seperti Jepang ini dapat memberikan banyak pengalaman yang sulit didapatkan jika bekerja dinegara lain.

Untuk bisa mengikuti program tokutei ginou bidang perawat ini, anda diharuskan lulus dalam beberapa tes seleksi. Diantaranya adalah tes keterampilan dan tes bahasa Jepang khusus perawat. 

Untuk mempermudah para calon tenaga kerja asing dalam mengerjakan soal-soal tes seleksi, pemerintah jepang atau Asosiasi Pekerja Perawat Jepang telah membuat buku modul pembelajaran. Dengan mempelajari buku-buku ini, diharapkan akan mempermudah para calon pekerja asing dalam mengikuti tes seleksi dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan yang bisa diterapkan saat bekerja di Jepang nanti.

Buku yang akan saya share kali ini terdiri dari 3 buku, yaitu buku materi perawat lansia atau kaigo (hanya dalam bahasa Jepang kanji dan hiragana) dan buku bahasa Jepang khusus untuk perawat (tersedia dalam bahasa Indonesia). Langsung saja berikut ini daftar bukunya,

Baca Juga :  Bagaimana Cara Kembali Magang di Jepang? Peraturan Baru Tahun 2019

Modul Tokutei Ginou Kaigo

1. 介護の特定技能学習テキスト

Tersedia dalam bahasa Jepang / Bahasa Indonesia

2. 介護の日本語

Tersedia Dalam Bahasa Indonesia, Inggris, Vietnam, dan China

3. 学んでみよう日本の介護

Hanya tersedia dalam bahasa Jepang

Ikuti terus perkembangan materi skill tes terbaru dan info lainnya bersama Idmarimo / Djafun.com, dengan cara subscribe melalui menu dibagian paling bawah halaman ini. Atau bisa juga dengan cara like dan follow fanpage IDmarimo di Facebook. Semoga bermanfaat,,

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *