Tutorial Cara Mendaftar Skill Test Tokutei Ginou atau SSW

  • Whatsapp
Tes Tokutei ginou indonesia

Cara Daftar Ujian Keterampilan Tokutei Ginou

Terima kasih buat teman-teman yang masih setia mengikuti perkembangan program tokutei ginou bersama IDmarimo. Pada beberapa artikel sebelumnya, saya sudah share kepada teman-teman tentang materi yang diujikan dalam tes keterampilan tokutei ginou. Antara lain bidang AgricultureFood Service dan Food and Beverage Manufacture.

Namun disitu banyak dari teman-teman yang menanyakan bagaimana cara pendaftaran tes keterampilan?. Apakah pendaftaran dilakukan di depnaker atau online?. Dan dimana tempat skill test dilaksanakan?.

Read More

Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, kali ini saya akan menulis tutorial pendaftaran tes keterampilan specified skilled worker. Tutorial ini bisa dipakai untuk semua skill test tokutei ginou. Hanya saja link pendaftarannya saja yang berdeda. Berikut ini daftar link pendaftaran skill tes tiap-tiap bedang. ( Hanya beberapa bidang yang tersedia di Indonesia )

JFT-Basic tersedia

http://ac.prometric-jp.com/testlist/jfe/index.html

Careworker tersedia

http://ac.prometric-jp.com/testlist/nc/en/index.html

Building Cleaning Management 

Belum tersedia

Machine Parts and Tooling Industries 

Belum tersedia

Industrial Machinery Industry 

Belum tersedia

Electric, Electronic and Information Industries 

Belum tersedia

Construction Industries

Belum tersedia

Manufacture of Food and Beverages tersedia

http://ac.prometric-jp.com/testlist/food-and-beverages/index.html

Food service Industry  tersedia

http://ac.prometric-jp.com/testlist/food_service/index.html

Shipbuilding and Ship Machinery Industry

Belum tersedia

Automobile repair and Maintenance belum tersedia

http://ac.prometric-jp.com/testlist/automobile/index.html

Aviation Industry

Belum tersedia

Fishery and Aquaculture tersedia

http://tokuteiginougyogyo.org/

Accomodation Industry

Belum tersedia

Agriculture tersedia

http://ac.prometric-jp.com/testlist/agriculture/index.html

Untuk bisa mengikuti tes keterampilan, ada 2 tahapan garis besar proses pendaftarannya. Yang pertama anda harus Membuat akun atau ID Prometric, dan yang selanjutnya Melakukan pemesanan atau pendaftaran keikutsertaan tes.

1. Membuat Akun atau ID Prometric

Untuk mendapatkan akun atau ID Prometric anda bisa membuka salah satu link diatas. Pendaftaran ID Prometric ini gratis, yang memerlukan biaya adalah nanti saat mendaftar keikutsertaan atau memesan tes.

Dalam tutorial kali ini saya menggunakan skill tes perawat atau care giver. Untuk bidang yang lain secara garis besar sama saja.

Baca Juga :  Jadwal Skill Test dan Materi Ujian Bidang Perikanan Kapal Ikan 2020

Pada halaman pertama yang muncul pilihlah negara dimana anda ingin mengikuti tes keterampilan, disini kita pilih Indonesia. Setelah itu akan muncul halaman yang berisi informasi mengenai tes keterampilan ini. Mulai dari persyaratan mengikuti tes, tempat pelaksanaan tes, dan lain-lain.

Pada halaman utama pilih menu ” Obtain Your Prometric ID ” lalu akan terbuka halaman baru yang berisi informasi tentang Prometric. kemudian klik “Next“.

Setelah itu akan muncul persetujuan mengenai informasi pribadi. Jika anda setuju klik “Agree“.

Kemudian masukkan alamat email anda dan klik “Next“. Alamat email ini akan digunakan untuk mengirimkan ID prometric anda.

Setelah itu periksa alamat email yang anda tulis tadi agar tidak ada kesalahan, lalu klik “Next“.

Kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa email sudah terdaftar dan konfirmasi untuk mengirimkan email berisi ID Prometric, lalu klik “Yes“.

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengatur kata sandi akun anda. Tulis kata sandi anda 2x pada kolom password dan confirm password, lalu klik “Next“.

Kemudian akan muncul form pengisian data diri. Isilah informasi secara lengkap dan benar sesuai kartu identitas anda. lalu klik “Next“. Perlu diketahui penulisan alamat pada form ini tidak mendukung tanda baca seperti titik atau koma.

Akan muncul konfirmasi mengenai data diri anda. Baca sekali lagi isi form tersebut agar tidak terjadi kesalahan. Jika sudah yakin, klik “Next“.

Dan pendaftaran ID Prometric anda sudah selesai. ID Prometric akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan tadi. ID Prometric ini akan digunakan saat ingin mendaftarkan tes keterampilan.

2. Pendaftaran Tes atau Ujian Keterampilan 

ID Prometric sudah siap, selanjutnya adalah pendaftaran tes keterampilan. Dalam pendaftaran tes keterampilan inilah yang akan memerlukan biaya. Biaya yang harus dibayarkan adalah untuk setiap tes yang diikuti. 

Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau bisa juga munggunakan Voucer yang bisa didapatkan di sekretariat diadakan tes tersebut yaitu di Universitas Gunadarma Kampus Simatupang,  PT International Test Center (ITC- Indonesia) Plaza Sentral, dan di KAPLAN Edupac Surabaya. (pembelian jauh hari sebelum tanggal tes, bukan saat hari H diadakan ujian)

Baca Juga :  Materi Skill Test dan Bahasa Jepang Untuk Perawat Lansia atau Kaigo

Untuk cara pendaftaran atau pemesanan tes, anda bisa login ke akun atau ID Prometric anda memalui link yang tertera diatas dan pilih negara Indonesia. Pendaftaran paling lambat 3 hari kerja sebelum tanggal tes.

Pada halaman utama pilihlah menu “Login” lalu akan terbuka halaman baru. Setelah itu masukkan nama depan, nama belakang, ID prometric dan juga password anda, lalu klik “Login“.

Setelah itu akan muncul halaman akun anda. Pada halaman ini akan terdapat daftar ujian yang telah kita pesan. Karena baru pertama kali, maka daftar tersebut masih kosong.

Untuk memesan tes, pilih menu “Reserve Tes” pada halaman tersebut. Kemudian akan muncul persyaratan dan ketentuan tes yang harus disetujui. Jika anda setuju klik “Agree“.

Setelah itu akan muncul pertanyaan yang berisi “apakah anda pernah merubah informasi pribadi yang pernah terdaftar? Jika ingin merubah informasi pribadi lakukan sebelum pendaftaran tes”, lalu klik “Ok“.

Kemudian akan muncul data diri yang telah anda daftarkan sebelumnya, jika informasi data diri benar klik “Continue“. Jika ada informasi yang ingin anda rubah anda bisa memilih “Change your Personal Information”. 

Perlu diketahui perubahan isi data yang dilakukan kurang dari 3 hari kerja sebelum ujian tidak bisa diproses. Dan pastikan nama yang terdaftar sama persis dengan nama di PASPOR.

Setelah itu akan ditampilkan peraturan ujian, klik “Agree and Continue” .

Kemudian akan muncul daftar pilihan ujian, pilihlah ujian yang anda inginkan, lalu klik “Next“.

Kemudian akan muncul pertanyaan mengenai data pribadi, isilah pertanyaan tersebut lalu klik “Next“.

Setelah itu pilih tanggal ujian yang anda inginkan lalu klik “Search“. Kemudian akan muncul tempat ujian dan waktu yang tersedia. Pilihlah waktu yang anda inginkan dari daftar tersebut.

Baca Juga :  Cara Pendaftaran Tokutei Ginou atau Specified Skilled Worker di BNP2TKI

Perlu diperhatikan, daftar tersebut juga menampilkan semua daftar tes dari negara lain, jadi pastikan anda memilih tempat tes yang benar. Jangan sampai memilih tes di negara lain.

Setelah memilih waktu ujian, akan muncul metode pembayaran yang bisa digunakan. Anda bisa menggunakan kartu kredit dan voucer. Untuk metode pembayaran pada artikel kali ini saya akan menggunakan voucer saja.

Voucer pembayaran bisa dibeli di sekretariat penyelenggara tes tersebut yaitu

  1. Universitas Gunadarma Kampus Simatupang  – [Google Map]
  2. PT International Test Center (ITC- Indonesia) Plaza Sentral (Berbeda dengan lokasi tes) – [Google Map]
  3. KAPLAN Edupac Surabaya – [Google Map]

Saat melalukan pembayaran menggunakan voucer, masukan nomor voucer dan tanggal kadaluarsa pada form yang tersedia lalu klik “Next“. Pastikan memilih tanggal ujian sebelum tanggal kadaluarsa voucer habis.

Kemudian akan muncul konfirmasi tentang detail pemesanan ujian. Jika informasinya sudah benar masukkan nomor darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, lalu klik “Reserve“.

Pemesanan atau pendaftaran tes telah selesai, kemudian akan muncul konfirmasi pendaftaran tes. Pemberitahuan pemesanan tes juga akan dikirimkan melalui email yang terdartar. Pastikan anda mencetak bukti atau konfirmasi pemesanan tersebut dan membawanya saat Tes. Jika tidak anda tidak akan diperbolehkan mengikuti tes tersebut.

Catatan :

Tes keterampilan ini tidak menjamin kita dapat bekerja ke jepang. Karena pada dasarnya tes ini hanya sekedar serifikasi bahwa kita memiliki kemampuan dibidang tersebut. Sedangkan yang menentukan keberangkatan adalah hasil interview atau tes yang dilakukan oleh AO atau perusahaan penerima di Jepang. Untuk lowongan yang tersedia bisa dilihat di situs depnaker https://ayokitakerja.kemnaker.go.id/lowongan/ao.

Seperti itulah langkah-langkan pendaftaran tes keterampilan tokutei ginou. Untuk informasi lainnya mengenai cara merubah jadwal tes, atau membatalkan pendaftaran tes, anda bisa membacanya Disini.

Jika informasi ini bermanfaat, share ke teman-teman anda agar mereka bisa tahu. Terus ikuti perkembangan seputar Tokutei Ginou melalui IDmarimo. Semoga bermanfaat,,

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *