Cara Membuat Tampilan Blog Seperti Website Profesional, Tambah Keren

  • Whatsapp

Setiap orang pasti memiliki tujuan berbeda-beda dalam membuat blog. Ada yang hanya sekedar hobi menulis, sebagai catatan pribadi, dan ada juga yang memang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan. Bagi mereka yang menulis di blog hanya untuk dirinya sendiri mungkin tidak mementingan tampilan blog mereka. Yang penting enak dilihat tanpa ada menu navigasi yang komplek.

Namun berbeda dengan mereka yang membuat blog untuk pendukung pekerjaan. Tampilan blog yang profesional dan elegan menjadi suatu keharusan bagi mereka. Mengingat blog yang mereka punya juga sebagai cerminan dari produk yang mereka miliki. Jangan sampai kepercayaan calon pelanggan hilang begitu saja hanya dengan melihat landing page yang terlihat lugu dan terkesan pakai layanan gratisan.

Read More

Sebenarnya ada banyak tips atau trik yang bisa dilakukan untuk merubah image blog kita dari yang sederhana menjadi terlihat profesional. Kita tidak harus menguasai ilmu pemograman web untuk membuat blog menjadi seperti web profesional. Kita hanya perlu merubah setingan bawaan dari blog gratisan yang kita miliki.

Untuk mendapatkan tampilan blog yang elegan, keren, dan profesional, ada beberapa tips yang bisa anda praktikan. Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk membayar jasa pembuatan web. Langsung saja berikut ini tips dan triknya,

1. Merubah Tema Atau Template Bawaan Blog

Cara pertama untuk merubah tampilan blog supaya terlihat profesional adalah dengan mengganti tema bawaan blog. Tema bawaan blog gratisan seperti blogger.com memang terkesan sangat sederhana. Jika anda menggunakan template bawaan tersebut, jangan berharap banyak untuk menarik calon pelanggan.

Baca Juga :  Cara Download Video Youtube di Iphone Disimpan ke Galeri

Agar blog anda terlihat menjanjikan, anda bisa mengganti template bawaan dengan template responsive yang banyak tersedia di luar sana. Anda bisa memilih template gratisan yang sekiranya cocok dengan usaha atau produk yang anda miliki. Atau anda juga bisa menggunakan template responsive berbayar atau premium untuk mendapatkan dukungan dari penyedia template tersebut.

Kenapa merubah template menjadi prioritas utama? Karena semua orang yang mengunjungi blog akan melihat tampilan fisik blog anda. Tidak mungkin mereka langsung melihat kedalam isi blog tanpa melihat tampilan terlebih dahulu. Jika mereka sudah percaya pada tampilan, maka besar peluang calon pelanggan akan melihat lebih jauh tentang produk yang kita miliki.

2. Menggunakan Atau Membeli Domain Berbayar

Hal selanjutnya yang mempengaruhi tingkat profesiolalitas suatu blog adalah Domain yang dipakai. Anda pasti tahu bahwa semua perusahaan besar pasti pemiliki domain sendiri pada website mereka. Dengan memakai Top Level Domain pada blog yang kita miliki, akan memberikan kesan bahwa usaha atau produk yang kita miliki tidak setengah-setengah.

Semisal anda berada di posisi calon pelanggan, kira-kira anda memilih blog yang mana dari 2 pilihan dibawah ini?

Dalam memilih domain, sebaiknya kita memilih domain yang sesuai dengan usaha yang ditawarkan. Misalnya saja anda bisnis atau usaha jual beli, maka domain .com atau .co.id yang paling tepat. Atau jika anda memiliki usaha yang berbentuk yayasan, bisa memilih domain .org atau .or.id. Atau bisa juga jika bisnis anda cukup besar, anda bisa memilih domain .id untuk usaha anda. Tentunya anda juga harus memperhitungkan budget, karena harga domain berbeda-beda.

Baca Juga :  Widget Recent Post Scroll bar Postingan Acak atau Random

Jika anda ingin membeli domain murah dengan harga terjangkau, anda bisa membeli domain di IDwebhost. Saya sendiripun juga sudah lama mempercayakan domain saya di IDwebhost.

3. Ganti Favicon Atau Logo Blog Bawaan Dengan Logo Produk

Meskipun favicon berukuran kecil dan terletak dijendela browser, namun memiliki peran yang cukup besar untuk branding. Blog dengan favicon custom, akan terlihat seperti sebuah website yang sesungguhnya. Sebaliknya jika masih menggunakan favicon bawaan blogger, akan terlihat sebagai blog gratisan dari blogger.com

Cara menggantinya juga sangat mudah, buatlah terlebih dahulu icon blog anda dengan format JPG atau PNG dengan resolusi yang sama, misalnya 60×60 atau 100×100. Jika icon blog anda berbentuk lingkaran atau tidak full berbentuk persegi, sebaiknya anda menggunakan format PNG background transparan. Untuk menerapkannya pada blog, kita bisa mengaturnya melalui menu Tata letak >> Favicon.

4. Menghilangkan Kredit Bawaan Blogger

Mungkin anda tidak begitu menyadari keberadaan tulisan ini dalam blog. Tulisan “diberdayakan oleh blogger” ini terletak pada bagian paling bawah halaman blog. Lebih tepatnya dibagian footer.

Memang benar, sangat jarang pengunjung yang bela-belain scroll kebagian footer blog kita. Tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Terkadang calon pelanggan akan mencari informasi lebih banyak seputar bisnis kita melalui link-link pada footer. Karena memang pada umumnya, website perusahaan besar menyertakan link pendukung di bagian footer. Misalnya link kontak, link tentang kami, atau link pusat bantuan pertanyaan.

Baca Juga :  Pasang Wifi Di Kampung, Caranya Gimana?

5. Gunakan Fitur Atau Widget Seperlunya

Ingat, blog yang kita buat adalah untuk menawarkan bisnis yang kita kelola. Bukan blog pribadi yang hanya dibaca sendiri. Jadi gunakan widget yang sesuai atau yang berhubungan dengan bisnis anda. Misalnya anda memiliki bisnis travel keluar negeri, mungkin anda perlu memasang widget kurs mata uang asing, atau bisa juga memasang widget pengecekan harga tiket pesawat.

Selain membuat blog terlihat profesional, dengan membatasi widget seperlunya bisa mengurangi beban loading blog kita sehingga loading bisa semakin cepat. Artikel yang membahas cara mempercepat loading blog, bisa anda baca dipostingan sebeumnya.

Itulah tips dan cara merubah tampilan blog seperti website sesungguhnya. Mungkin beberapa fitur yang anda inginkan tidak tersedia di blog gratisan. Seperti menu keranjang belanja misalnya. Menu-menu seperti ini biasanya dipasang pada blog self hosting seperti wordpress.org.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *