Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru

  • Whatsapp

Membuat blog sudah dilakukan. Terus apalagi yang harus dilakukan setelah kita membuat blog? Bagi kita yang baru pertama kali membuat blog, entah itu blog gratisan dari blogger dan wordpress atau blog berbayar lainnya, pasti merasa bingung.

Bukan masalah bingung blog mau diisi konten apa, tetapi bingung tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar blog kita bisa tumbuh dan bisa menghasilkan uang?

Read More

Bagi mereka yang sebelumnya memiliki latar belakang di dunia internet marketing pasti sudah tahu alur atau tahapan proses yang harus ditempuh. Tapi bagi kita yang baru mulai belajar blogging secara otodidak bisa apa atuh?

Untuk itu pada postingan kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman tentang hal yang harus dilakukan setelah kita membuat blog baru. Didalam dunia teknologi, pastinya akan mengalami perkembangan secara terus menerus. Bisa jadi tips yang saya bagi kali ini, tidak akan berlaku lagi dimasa yang akan datang.

Hal ini juga pernah saya alami saat pertama kali belajar blog dulu. Cara yang dipraktikan waktu itu sudah mengalami banyak perubahan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya rajin-rajin belajar dan terus mengikuti perkembangan agar blog kita bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga :  5 Aplikasi Musik Offline Terbaik Untuk Android dan Iphone

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Blog Baru

Submit Atau Mendaftarkan Blog Ke Search Engine

Hal yang pertama kali harus kita lakukan setelah membuat blog baru adalah mendaftarkan blog kita ke search engine atau dalam hal ini mendaftarkan ke Google webmaster. Mengapa hal ini wajib dilakukan? Anggap saja kita membuat sebuah produk dagangan. Agar dagangan kita bisa dikenal orang dan laku dipasaran apa yang harus kita lakukan? Tentunya kita harus membawa dagangan kita ke tempat jual beli atau pasar.

Begitu juga dengan blog. Agar blog kita mendapatkan pengunjung organik, kita harus membawa blog kita ke pasar, yang mana pasar disini adalah Search Engine atau Mesin Pencari. Ada banyak search engine yang bisa kita gunakan untuk menawarkan konten kita. Tetapi di Indonesia sendiri search engine yang paling populer adalah Google. Jadi anda wajib mendaftarkan blog ke webmaster google. Selain google, anda bebas memilih search engine apapun untuk mengenalkan blog baru anda.

Pilih Template atau Tema Yang Anda Inginkan

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memilih template yang sesuai dengan topik blog. Kenapa hal ini sangat penting? Karena dengan memiliki tema yang sesuai dan konsiten dalam memilih tema, bisa memberikan ciri khas pada blog.

Selain itu, dengan memakai template atau tema yang sama dalam waktu yang lama, secara tidak langsung akan meningkatkan tingkat SEO blog dimata google. Sebaliknya jika kita sering mengganti tema blog, akan berdapak buruk pada blog kita. Hasil indeks yang dilakukan oleh google akan berubah-ubah sehingga berakibat pada penurunan peringkat dihasil penelusuran google.

Baca Juga :  Widget Recent Post Scroll bar Postingan Acak atau Random

Konsiten Dalam Menulis Artikel Atau Konten

Target seorang blogger tidak lain adalah mendapatkan banyak pengunjung. Tapi hanya dengan konten yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari apakah bisa? Bisa, asal pemilik blog tersebut sudah sangat populer dan isi kontennya juga berbobot. Seorang artis atau publik figur misalnya. Mereka bisa mendapatkannya karena sudah memiliki popularitas.

Lantas bagaimana dengan kita yang membangun blog dari nol? Satu-satunya cara ya harus memperbanyak konten atau artikel yang kita miliki. Semakin banyak konten yang kita miliki, semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan pengunjung. Misalnya saja 1 artikel bisa mendatangkan 20 visitor perhari, jika kita punya 100 artikel berapa visitor yang bisa kita dapat? Banyak bukan? 100 artikel saja sudah banyak apalagi dengan 1000 artikel.

Promosikan Artikel Blog Ke Sosial Media

Mungkin bagi beberapa orang merasa malu berpromosi di sosial media. Padahal dengan cara ini, bisa mempercepat pertumbuhan blog kita. Selain bermanfaat dari segi mendatangkan visitor, dengan berpromosi seperti ini bisa meningkatkan popularitas blog kita.

Misalnya saja kita memiliki blog yang membahas tentang tanaman atau pertanian. Dengan kita sering melakukan promosi di sosmed, maka akan banyak orang yang tahu bahwa blog kita menyediakan banyak informasi seputar pertanian. Sehingga saat mereka membutuhkan atau mencari sebuah informasi seputar pertanian, mereka akan langsung mencarinya di blog kita tanpa harus mencarinya di google. Atau bisa juga dengan menuliskan nama blog kita di pencarian google. Misalnya saja nama blog kita “bertani.com” bisa saja pengunjung menulis di pencarian google “cara merawat pohon anggur bertani.com”, karena sebelumnya mereka sudah tahu blog kita.

Baca Juga :  Cara Download Video Youtube di Iphone Disimpan ke Galeri

Itulah hal-hal yang harus dilakukan setelah memulai sebuah blog baru. Jadi intinya jika kita menginginkan blog yang ramai, maka kita harus melakukan tips diatas dengan konsisten. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *