Download Tertunda Di Play Store? Begini Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
download pending terus

Android adalah sistem operasi smartphone yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Hampir semua merk HP seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan merk lainnya menggunakan sistem operasi milik google ini.

Mungkin anda sendiri juga salah satu pengguna dari android ini. Banyak orang yang memilih android sebagai sistem operasi hp mereka mungkin karena banyaknya aplikasi yang tersedia di play store secara gratis.

Read More

Memang tidak bisa dipungkiri banyaknya pengguna android membuat para developer aplikasi memilih untuk membuat aplikasi berbasis android. Tentunya hal ini menjadi sebuah simbiosis mutualisme, karena dari segi pengguna mereka merasa terbantu dengan aplikasi yang mereka dapatkan dari play store.

Namun meskipun android menjadi penguasa pasar di indonesia, bukan berarti android bersih dari kendala. Salah satu kendala atau masalah yang sering dialami oleh pengguna android di Indonesia adalah masalah “download tertunda” saat ingin mengunduh sebuah aplikasi.

Anda sendiri mungkin juga sedang mengalami masalah yang sering muncul di play store ini. Ada beberapa penyebab bisa menyebabkan “download tertunda di play store.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab “download tertunda di play store”, kita bisa menentukan solusi atau cara mengatasi error ter sebut. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Dan Cara Mengatasi “Download Tertunda”

1. Pengaturan Download Menggunakan Wifi

Saat kita ingin mendownload sebuah aplikasi yang berukuran besar, biasanya akan muncul alternatif untuk melakukan pengunduhan menggunakan wifi. Hal ini dimaksudkan agar proses download tidak memakan banyak kuota seluler yang kita miliki.

Jika saat mulai mendownload anda menggunakan pengaturan default, maka secara otomatis sistem akan memulai proses download setelah terhubung wifi. Inilah yang menjadi salah satu penyebab download tertunda di play store xiaomi maupun hp yang lain.

Baca Juga :  Daftar Kode Warna HTML atau CSS lengkap

Solusinya adalah anda harus merubah setingan atau menghilangkan centrang pada saat konfirmasi download. Karena jika tidak, proses download akan terus tertunda sampai perangkat anda terhubung ke jaringan wifi.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab selanjutnya adalah berkaitan dengan jaringan atau koneksi internet. Terkadang masalah ini tidak disadari oleh kita. Merasa bahwa masih ada chat WA yang masuk, menganggap bahwa koneksi baik-baik saja.

Padalah koneksi yang dibutuhkan WA dan proses download tidak sama. Karena koneksi internet lambat pun masih bisa menerima atau mengirim pesan whatsapp. Solusinya, coba restart jaringan anda dengan cara menyalakan mode pesawat lalu mematikannya lagi.

Sudah pakai wifi tapi tetap saja “download tertunda”? Beberapa orang mungkin salah kaprah memahami jaringan wifi. Mereka beranggapan bahwa wifi selalu lancar tanda hambatan. Padahal kualitas wifi juga berbeda-beda tergantung konfigurasi dari penyedia wifi.

Hal inilah yang juga bisa manyebabkan download tertunda karena server menutup koneksi secara tiba-tiba. Solusinya coba berkonsultasi ke penyedia layanan wifi anda.

3. Download Aplikasi Lain Secara Bersamaan

Dalam aplikasi play store, proses download dilakukan dengan sistem antrian. Maka jika ada beberapa aplikasi yang di download secara bersamaan, aplikasi akan masuk kedaftar antrian proses download. Tidak seperti download pada web browser pada umumnya yang bisa didownload secara bersamaan.

Solusinya, jika anda ingin memprioritaskan aplikasi yang ingin anda instal, anda bisa membatalkan aplikasi lain yang sedang dalam proses download. Dengan begitu proses download akan beralih ke aplikasi yang anda inginkan.

Untuk melihat daftar aplikasi yang sedang didownload, anda bisa masuk ke menu pengaturan pada aplikasi play store >> pilih Aplikasi & Game Saya >> klik menu Terinstal.

Baca Juga :  Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot, Upgrade RAM Atau SSD?

4. Memori Penyimpanan Internal Hampir Penuh

Penyebab selanjutnya yang paling banyak ditemui adalah masalah memori tidak cukup. Biasanya hal semacam ini terjadi pada HP xiaomi atau merk lain yang tidak menyediakan tempat untuk memory eksternal. Memori menjadi cepat penuh karena semua data baik data aplikasi, foto, video dan lagu tersimpan dalam memori internal.

Hal ini biasanya juga terjadi pada hp yang banyak menyimpan aplikasi berukuran besar. Terlebih HP para gamers yang memiliki memori internal terbatas.

Solusinya, anda bisa menghapus file-file yang tidak bermanfaat seperti video atau film yan tersimpan di memori internal. Atau bisa juga memindahkannya ke memory atau micro sd eksternal.

Dalam kasus hp tanpa slot memori eksternal, anda bisa memindahkan file-file yang sekiranya masih dibutuhkan kedalam flashdisk. Caranya? Anda bisa menggunakan flashdisk otg yang bisa langsung dihubungkan ke hp android.

5. Versi Aplikasi Play Store Tidak Sesuai

Mungkin penyebab ini kurang masuk akal. Karena jika dinalar, semakin baru aplikasi play store yang dipakai seharusnya akan kompatibel dengan semua aplikasi yang tersedia didalamnya.

Namun kenyataanya tidak, dengan cara mengganti versi play store yang terinstal, terbukti bisa mengatasi “download tertunda di play store”.

Caranya jika anda memakai versi yang terbaru, anda bisa menurunkan versi play store ke versi sebelumnya. Atau biasa disebut downgrade play store. Langkah-langkahnya, pergi ke Pengaturan >> Masuk ke menu Aplikasi >> cari dan buka Google Play Store >> klik Copot Pemasangan Pembaruan.

6. HP Jarang Di Restart

Penyebab selanjutnya adalah karena banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Hal ini terjadi karena Hp sering digunakan untuk membuka berbagai aplikasi namun jarang sekali di Restart. Akibatnya banyak aplikasi yang berjalan meskipun sebenarnya tidak dibutuhkan. Hal ini bisa menyebabkan sistem berjalan kurang baik yang ujung-ujungnya timbul masalah “download tertunda”.

Baca Juga :  Cara Download Video Youtube di Iphone Disimpan ke Galeri

Solusinya anda bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan satu persatu, atau bisa juga dengan restart hp. Dengan begitu hp bisa kembali fresh dan bisa menjalankan sistem dengan baik.

7. Download Aplikasi Dari Luar Play Store

Cara ini bisa anda pilih jika benar-benar tidak bisa mendownload aplikasi dari play store secara langsung. Bahkan dengan cara ini, kita bisa mendownload aplikasi yang tidak tersedia di play store regional sekalipun. Seperti game-game dari Jepang yang tidak ditampilkan di wilayah selain Jepang.

Namun demikian cara ini tentunya memiliki kekurangan, antara lain keamanan yang tidak terjamin. Aplikasi yang di dapat dari luar play store berpotensi dimasuki oleh virus atau malware yang dapat merusak Hp.

8. Factory Reset

Cara terakhir yang kurang direkomendasikan adalah dengan me reset hp ke pengaturan bawaan pabrik. Dengan kata lain kondisi sistem hp menjadi seperti baru lagi. Dan semua data yang tersimpan akan hilang secara permanen.

Jika anda ingin memakai cara ini untuk mengatasi “download tertunda di play store”, sebaiknya anda membackup semua data-data penting seperti kontak, dan lain sebagainya. Pastikan juga anda melepas sim card dan juga memori eksternal agar data didalamnya tidak ikut hilang.

Kesimpulan

Cara mengatasi masalah download tertunda di play store berbeda-beda tiap tergantung penyebabnya. Anda bisa mencoba cara yang sekiranya kondisinya sesuai dengan perangkat anda saat ini. Yang terpenting jangan langsung mencoba cara “factory reset” sebelum mencoba cara lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *