Cara Mempercepat Loading Blog Blogger atau Blogspot

  • Whatsapp

Cara Mempercepat Pagespeed Blog atau Website

Memiliki blog yang ramai pengunjung adalah impian semua blogger. Untuk mencapai itu semua tidaklah semudah membalik telapak tangan. apalagi bagi blogger pemula seperti saya sendiri. Ada banyak hal yang harus kita lakukan supaya blog milik kita didatangi banyak pengunjung. 

Selain backlink dan artikel yang bagus, yang tidak kalah pentingnya lagi adalah loading blog itu sendiri. Banyak diantara sobat blogger yang hanya sibuk memperbayak backlink untuk meningkatkan trafic mereka. Namun mereka tidak memperhatikan optimasi on page blog mereka. Padahal sebenarnya kecepatan loading juga mempengaruhi trafic suatu blog. 

Read More

baca juga “Ingin Membuat Blog? Baca Dulu Kiat Sukses Membuat Blog Ini”  

Kenapa bisa begitu? Karena bila blog kita loadingnya berat atau lambat maka pengunjung yang tidak sabar tidak jadi masuk ke blog kita. Apalagi orang indonesia, paling tidak suka dengan yang namanya menunggu. 

Ibarat kata Kalau ada yang lebih cepat kenapa harus nunggu yang lama..? anda pun pasti begitu, pas lagi blogwalking nemu blog yang loadingnya super lelet. Pasti anda langsung menutup halaman tersebut dan memilih blog yang lain.

Nah untuk memperingan loading blog anda , tidak ada salahnya mencoba tips-tips berikut ini:

1. Format Gambar atau Image

Hal yang harus diperhatikan dalam menyematkan gambar ke dalam blog adalah format gambar. Ada banyak sekali jenis-jenis format gambar, tetapi yang disarankan dalam web atau blog adalah format JPG, PGN, dan GIF. 

Baca Juga :  Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot, Upgrade RAM Atau SSD?

Dari ketiga format tersebut, masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Namun dalam hal mempercepat loading blog, banyak yang menyarankan untuk memakai format JPG atau JPEG.

Kenapa memilih format JPG? karena file JPG memiliki ukuranyang jauh lebih kecil dibandingkan dengan format yang lainnya meskipun dalam resolusi gambar yang sama. Misalnya gambar JPG ukuran 1280×720, ukuran filenya hanya 200kb. Sedangkan PNG ukuran 1280×720, ukurannya bisa lebih dari 1MB.

Selain pertimbangan ukuran dan format gambar, hal lain yang tak kalah penting adalah mengurangi penggunaan gambar tidak penting dalam template blog. Dan juga kalau bisa jangan menggunakan gambar sebagai background template. Karena saat melakukan loading, gambar akan otomatis terbaca. Sehingga membuat ukuran halaman anda menjadi besar.

2. Ukuran Gambar

Ukuran gambar juga mempengaruhi loading blog dan juga kenyaman pembaca artikel blog anda.  Jika anda menampilkan ukuran gambar sesuai ukuran aslinya, ganti ukuran gambar tersebut yang anda pasang ke dalam artikel blog anda. 

Selain itu gunakan atribut layout responsive agar tampilan gambar terlihat rapi saat dibuka melalui mobile device. Jika tidak menambahkan atribut ini, gambar akan terpotong saat dibuka melalui perangkat mobile. Hal itu selain memperlambat loading blog, juga berpengaruh pada antar muka pengunjung. Jangan sampai pengunjung blog merasa tidak nyaman dengan blog kita karena tampilan gambar yang semrawut.

Apalagi sekarang ini pengguna internet lebih banyak yang mengakses melalui perangkat mobile atau smartphone. Jangan sampai peluang ini terbuang karena masalah tampilan gambar anda tidak mobile friendly.

3. Url Gambar

Pada artikel blog, jangan menggunakan url gambar dari luar atau milik url gambar milik blog orang lain, karena hal ini akan terbaca sebagai media dari luar blog anda. Misalnya menggunakan url gambar dari photobucket atau url gambar blogspot milik orang lain. Solusinya agar usaha mempercepat loading blog anda berhasil, upload sendiri gambar yang ingin anda pasang pada artikel blog anda. 

Baca Juga :  Cara Mengatasi USB Tidak Berfungsi Pada Windows 7, 8, Dan 10

4. Html Script

Jika anda menggunakan template dan pada template tersebut mengandung html script orang lain, pastikan anda menggantinya terlebih dahulu. Misalnya kode script untuk artikel terkait, http://scriptoranglain.googlecode.com/files/artikelterkait.js karena jika anda menggunakan script orang lain maka link script itu akan dibaca sebagai media luar dari template anda. Solusinya agar usaha mempercepat loading blog anda berhasil, ganti script tersebut dengan nama anda sendiri.

Namun kalau template yang anda pakai adalah template valid AMP, maka akan beda lagi ceritanya. Pasalnya dalam template amp tidak bisa menambahkan java script atau widget sesuka hati seperti template pada umumnya. Sehingga mau tidak mau harus memakai script dari media luar dengan menggunakan iframe.

5. Widget

Mungkin bagi sebagian blogger pemula seperti saya ini, pada awal-awal menggeluti blog mereka hanya berfokus pada tampilan blog. Bagaimana caranya agar blog terlihat elegan dan kece. Namun mereka melupakan hal terpenting dalam blogger. Yaitu menyampaikan informasi kepada pembaca atau pengunjung.

Sering saya melihat teman-teman diluar sana yang memasang berbagai macam widget yang menghiasi blog mereka. Namun mereka tidak pernah memikirkan apakah widget tersebut berguna bagi pengunjung atau tidak.

Misalnya saja ada yang memasang widget jam, ada juga yang memasang widget jumlah pengunjung. Semua hanya akan membebani waktu loading blog itu sendiri tanpa ada manfaat bagi pembaca.

Baca Juga :  Cara Mematikan Laptop Otomatis Dengan Timer Tanpa Software

6. Link Iklan

Untuk memasang iklan di blog, jangan terlalu berlebihan karena sangat mengganggu pembaca sehingga pembaca segera menutup blog kita. Memasang beberapa unit iklan tidak masalah asal penempatan sesuai dan tidak mengganggu pembaca. 

Selain menggangu pembaca, iklan yang berlebihan akan membuat loading halaman menjadi terhambat. Apalagi kalau iklan yang dipasang berupa gambar-gambar yang memiliki ukuran besar. Tentunya akan merugikan anda sendiri.

7. Menggunakan Template Blogger AMP

Tips yang terakhir ini berbeda dengan tips yang lainnya. Kalau tips yang saya sebutkan diatas hanya memerlukan sedikit pembenahan pada blog anda, Maka tips yang terakhir ini memerlukan perubahan besar. Anda harus merubah atau mengganti template anda menjadi template valid amp. Seperti template pada blog saya ini.

Apa hubungannya template AMP dengan loading blog? AMP sendiri adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages, yang merupakan project dari google untuk meningkatkan kecepatan akses sebuah web atau blog saat diakses melalui perangkat mobile.

Hanya mobile? Memang benar bahwa amp ini hanya dikhususkan bagi penelusuran mobile. Namun seperti yang saya singgung sebelumnya, bahwa kini sebagian beras orang mengakses internet melalui perangkat mobile atau smartphone. Tentunya akan memberikan kelebihan tersendiri dari pada menggunakan template pada umumnya.

Seperti itulah cara atau tips agar blog kita menjadi lebih cepat. Meskipun ada banyak platform blog yang berbeda-beda, tetapi secara garis besar adalah sama. Mungkin cara prakteknya saja yang berbeda. Misalnya kalau anda menggunakan wordpress maka anda tinggal memanfaatkan plugin yang sudah ada untuk optimasi seperti yang saya bahasa kali ini. Semoga bermanfaat,,,

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *