Cara Membuat Blog Di HP Android Untuk Pemula, Gampang Banget

  • Whatsapp

Ingin membuat situs atau blog tapi tidak punya peralatan tempur seperti laptop atau komputer? Maka artikel ini sangat tepat untuk anda baca sampai selesai. Karena dalam artikel ini kita akan membahasa cara mudah membuat blog gratis lewat HP android. Bahkan dengan blog gratis ini pun, kita bisa mendapatkan penghasilan.

Meskipun saat ini blog sudah kalah populer dengan vlog youtube, namun bukan berarti blog sama sekali tidak ada peminatnya. Karena tidak semua hal bisa dituangkan melalui vlog atau video youtube. Misalnya saja blog karya tulis, blog diary pribadi, atau bahkan blog suatu produk sekalipun.

Read More

Blog sendiri sudah dikenal sangat lama, jauh sebelum youtube populer seperti saat ini. Bahkan blogger veteran dari jaman awal-awal dulu pun masih eksis hingga sekarang. Sebab seorang blogger tidak melulu soal mendapatkan penghasilan. Ada banyak juga blogger yang menjadikan blogging sebagai hobi mereka.

Bagi seseorang yang suka menulis, blog adalah salah satu media yang sangat tepat untuk mencurahkan segala ide dalam pikiran mereka. Seandainya mendapatkan penghasilan dari hobi menulis tersebut, anggap saja itu adalah bonus dari yang mereka kerjakan

Manfaat Membuat Sebuah Blog

Selain bisa dijadikan sebagai hobi mengisi waktu luang, blog memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Diantaranya adalah sebagai berikut,

  • Berbagi pengetahuan yang kita miliki. Dengan menjadi seorang blogger kita bisa saling mengunjungi blog orang lain, dan mendapatkan banyak penegetahuan dari situ.
  • Mengasah kemampuan menulis. Tidak semua orang bisa menusilkan apa yang ada dalam pikiran mereka. Bahkan sekalipun ada banyak ide yang dimiliki, jika tidak pernah menulis pasti akan sulit mencurahkan ide yang dimiliki.
  • Mendapatkan atau Menghasilkan uang. Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari blog. Salah satu yang paling populer adalah dengan menjadi publiser iklan Google Adsense. Selain itu bisa juga dengan berjualan produk yang kita miliki.
  • Meningkatkan popularitas. Dengan menghasilkan karya tulis yang berkualitas, bukan tidak mungkin popularitas anda bisa terdongkrak. Dengan memiliki tingkat popularitas yang baik, maka akan membuka peluang-peluang lain yang bisa anda manfaatkan.
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang secara tidak langsung anda dapatkan seiring berjalannya waktu.
Baca Juga :  2 Cara Download Lagu Mp3 Dari YouTube Di Android

Dengan begitu manfaat yang bisa kita peroleh, tak ada salahnya jika kita mencoba membuat sebuah blog. Toh semua bisa dibuat secara cuma-cuma alias gratis.    

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis Dari HP Android?

Untuk membuat blog gratis kita bisa menggunakan satu dari 2 situs penyedia blog yang paling populer di Indonesia. Yaitu Blogger.com dan WordPress.com. Dengan 2 situs ini, kita bisa dengan mudah membuat blog secara gratis.   

Tapi dengan catatan blog yang kita buat tidak memiliki domain sendiri. Kita akan mendapatkan blog dengan mengikut domain blogspot.com jika membuat melalui Blogger, atau wordpress.com jika kita membuat blog dengan WordPress.

Misalnya anda ingin membuat blog dengan nama domain bloggermuda, maka nama domain blogger anda adalah bloggermuda.blogspot.com. Anda bisa merubahnya menjadi bloggermuda.com atau bloggermuda.net dengan cara membeli domain sendiri. Harganya cukup terjangkau kisaran Rp130.000 untuk domain .com selama 1 tahun.  

Mungkin anda akan bertanya-tanya “memangnya apa bedanya punya domain sendiri dibanding ikut domain diatas?”  

Dimata Google semua sama antara memiliki domain sendiri ataupun menjadi subdomain dari blogspot.com atau wordpress.com. Hanya saja jika dilihat dari mata pengguna atau user, memiliki domain sendiri menjadi terlihat lebih terpercaya dan profesional.

Jika anda ingin membuat blog anda memiliki domain sendiri, anda bisa membeli domain murah .com , .net, atau .co.id di IDwebhost. Saya pribadi juga menggunakan layanan dari IDwebhost.

Baca Juga :  Cara Membuat CV dan Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di Hp Dengan Mudah

Trus bagusan blogspot.com atau wordpress.com?  

Kalau dilihat dari cara penggunaan untuk pemula, saya memilih blogspot.com. Selain itu jika tujuan anda membuat blog adalah untuk mendapat penghasilan dari Google Adsense maka anda harus memilih blogspot.com. Karena wordpress versi gratis tidak mengijinkan kita untuk menampilkan iklan dari tempat lain termasuk iklan dari google adsense.    

Langkah-Langkah Membuat Blog Dari Hp Android

Pada tutorial membuat blog gratis di hp android kali ini, kita akan menggunakan Blogger.com. Sebelum memulai pastikan anda sudah memiliki akun google. Saat ini semua orang sudah memakai HP android, saya yakin semua sudah memiliki setidaknya satu akun google.

Langkah-langkah membuat blog di blogger adalah seperti dibawah ini,  

Pertama, buka situs atau web Blogger.com dari android, bisa menggunakan google chrome atau web browser lainnya. Jika anda belum masuk ke akun google, pilih menu Masuk yang ada di pojok kanan atas.       Masukkan alamat email dan password akun google anda.

membuat blog di hp android

Kemudian klik tombol Berikutnya. Jika muncul tampilan penambahan nomer telpon atau email pemulihan, lewati saja.        

membuat blog di hp android

Setelah itu, kita akan dibawa ke tampilan utama atau dashboard blogger. Karena kita belum mempunyai blog satupun, maka menu yang ditampilkan masih sedikit. Untuk memulai membuat blog, pilih menu Buat Blog Baru.        

membuat blog di hp android

Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Masukan nama blog dan nama domain yang anda inginkan. Nama blog dan nama domain tidak harus sama. Tetapi untuk pemilihan nama domain, pilihlah nama yang singkat dan mudah diingat.

membuat blog di hp android

Terkadang nama domain yang ingin kita pakai sudah digunakan oleh orang lain, biasanya akan ditandai dengan tanda silang pada samping nama yang kita tulisakan. Jadi pilihlah nama yang sekiranya belum dipakai oleh orang lain.

Jika nama domain yang kita masukkan tersedia, akan muncul tanda centang dibelakang nama domain yang kita tuliskan. Jangan lupa pilih juga tampilan atau tema yang anda inginkan. Anda bisa mengganti tema ini dilain waktu. Lalu klik tombol Buat Blog.

membuat blog di hp android

Jika muncul tampilan seperti dibawah ini, close atau pilih tombol Lain Kali. Ini adalah tawaran dari google untuk membeli domain sendiri seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

Baca Juga :  5 Aplikasi Musik Offline Terbaik Untuk Android dan Iphone
membuat blog di hp android

Selanjutnya akan muncul tampilan dashboard Blogger, tetapi tampilan sudah berbeda dari sebelumnya karena kita sudah memiliki blog.

Disini kita akan membuat satu postingan pertama kita. Caranya pilih menu Entri Baru yang ada dibagian atas.

membuat blog di hp android

Kemudian kita akan dibawa kehalaman tempat kita menulis artikel atau postingan. Tuliskan judul postingan yang ingin kita buat, dan isilah bagian artikel dengan kalimat apapun. Tampilah halaman sekilas mirip dengan microsoft word, sehingga akan sangat mudah digunakan. Anda bisa mencoba-coba berbagai fitur yang telah disediakan. Misalnya memasukan gambar, link, dan sebagainya.

membuat blog di hp android

Jika sudah, pilih menu Publikasikan untuk mengupload artikel atau postingan ke dalam blog. Atau sebelum mempublikasikannya, anda bisa menggunakan menu Pratinjau untuk melihat hasil sebelum dipublikasikan.

Dan akhirnya postingan pertama anda sudah jadi. Anda bisa melihat blog anda melalui menu Lihat Blog dipojok kiri atas. Atau juga bisa langsung membuka domain anda melalui web browser.

membuat blog di hp android

Seperti itulah cara membuat blog di hp android untuk seorang pemula. Anda bisa kapanpun mengupdate artikel anda hanya dengan menggunakan hp android. Mungkin ada beberapa hal yang harus anda lakukan dengan menggunakan laptop atau komputer. Misalnya saja edit HTML atau mengatur tata letak atau layout. Tapi hal itu juga jarang sekali dilakukan, kalau pun kita ingin mengatur tata letak bisa dilakukan diwarnet atau tempat lain.

Jika anda ingin mengetahui penjelasan tentang menu-menu yang terdapat pada dashboard blogger, anda bisa membacanya diartikel saya selanjutnya. Semoga bermanfaat…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *