Cara Mengatasi USB Tidak Berfungsi Pada Windows 7, 8, Dan 10

  • Whatsapp
error usb 3.0

Cara Memperbaiki USB 3.0 Tidak Terbaca

Setiap komputer atau laptop pasti memiliki post usb setidaknya ada 2 buah. Namun terkadang meski sudah memiliki 2 port usb, kita masih saja kekurangan tepat untuk menghubungkan perangkat eksternal ke dalam laptop. Misalnya disaat bersamaan kita ingin menghubungkan flashdisk, hard disk external, mouse atau modem.

Pasti akan ribet jika terjadi hal seperti itu. Apalagi terkadang walau sudah ada banyak port USB sekalipun, sering terjadi error pada USB tersebut. Terlebih pada colokan atau port USB 3.0. Padahal port USB 3.0 adalah port yang memiliki data transfer lebih cepat jika dibandingkan tipe USB 2.0.

Read More

Kejadian ini mungkin sering terjadi setelah kita melakukan upgrade atau instal ulang pada sistem operasi pada laptop atau pc. Baik pada windows 7, 8, 8.1 atau 10. Saat hendak memindahkan file backup, tiba-tiba flashisk atau HDD eksternal tidak terbaca.

Port USB Tidak Terbaca

Saat pertama mengalami kita mungkin panik karena dikira yang rusak adalah flashdisk atau hard disk eksternal. Mengingat data back up semua tersimpan di HDD tersebut.

Sebenarnya masalah USB tidak berfungsi seperti ini sudah biasa terjadi setelah instal ulang OS. Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa driver yang belum terpasang atau terdapat driver error dalam sistem. Masalah USB tidak terbaca seperti ini biasanya dibarengi dengan beberapa error driver sebagai berikut,

Baca Juga :  Tips Memilih Nama Domain Blog Yang Bagus
  • Terdapat Unknown device
  • Error pada USB 3.0 Host Controller
  • Error pada USB Root Hub
  • Dan error lain berkaitan dengan driver USB

Cara Mengatasi Port USB Tidak Berfungsi

Jika akar masalahnya berasal dari driver device, maka solusinya adalah dengan menginstal driver yang belum terpasang, atau mengupdate driver yang error. Jika anda belum mempunyai file driver dari laptop atau komputer yang anda miliki anda bisa mendownloadnya dibawah ini.

  1. Paket Driver Asus
  2. Paket Driver Asus (AMD chipset)
  3. Atau langsung di situs Driverspace dengan memilih merk laptop yang anda pakai.

Jika file sudah selesai didownload, anda harus mengekstrak file tersebut agar menjadi file dalam folder biasa seperti berikut ini.        

mengatasi usb tidak terbaca

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke Control Panel lalu pilih menu Hardware and Sound seperti ini,        

mengatasi usb tidak terbaca

Lalu pilih menu administrator Device Manager        

mengatasi usb tidak terbaca

Kemudian muncul tampilan menu Device Manager. Jika terjadi error pada port USB, biasanya kalau terjadi masalah pada port USB, terdapat device yang bertanda peringatan tanda seru seperti dibawah ini. Tapi terkadang juga terdapat kasus tidak ada tulisan error sama sekali.        

mengatasi usb tidak terbaca

Setelah itu, kik kanan pada driver atau device yang error tadi, atau bisa juga dengan klik kanan pada device manapun. Lalu pilih menu Update Device Software.        

Baca Juga :  Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot, Upgrade RAM Atau SSD?
mengatasi usb tidak terbaca

Kemudian akan muncul pilihan metode update device. Pilihlah menu Browser my computer for driver software. Untuk pilihan yang search automaticaly biasanya tidak bisa dipakai. Terlebih untuk laptop keluaran lama.        

mengatasi usb tidak terbaca

Kemudian klik Browser untuk mencari folder file yang sudah diekstrak sebelumnya. Letak lokasi folder pada folder terluar saja, agar jika ada driver lain yang belum terpasang bisa sekalian terinstal. Kemudian klik Ok.        

mengatasi usb tidak terbaca

Pastikan letak file yang pilih sudah benar. Lalu klik Next untuk melanjutkan. Dan proses update sedang dijalankan.        

mengatasi usb tidak terbaca

Jika file driver sesuai dengan laptop atau komputer, Unknown driver yang sebelumnya muncul akan hilang. Dan juga driver USB yang sebelumnya tidak ada, sekarang secara otomatis sudah terinstal.        

mengatasi usb tidak terbaca

Untuk mengecek apakah colokan atau port USB sudah berfungsi, kita bisa mencoba memasang mouse atau flashdisk pada port tersebut. Jika driver sudah terinstal dengan benar, hasilnya akan seperti dibawah ini.    

mengatasi usb tidak terbaca

Itulah cara mengatasi USB tidak terbaca pada windows. Terkadang meskipun sudah terpasang, ada kalanya usb tetap tidak berfungsi. Jika itu terjadi anda bisa membawa laptop ketempat service. Karena kemungkinan besar kerusakan bukan dari software, melainkan dari hardware USB itu sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *