Tahapan Proses Kerja di Jepang Dengan Visa Tokutei Ginou atau SSW

  • Whatsapp
alur kerja ke Jepang

Alur Proses Mendapatkan Visa Tokutei Ginou Bagi New Comers

Program baru kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang (Tokutei ginou) tampaknya mulai mendapat perhatian dari banyak orang. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya teman-teman facebook yang menanyakan hal-hal seputar program baru ini.

Hal tersebut tentunya menjadi pertanda positif, karena banyak dari teman-teman kita yang tertarik untuk bekerja di Jepang. Namun disisi lain, besarnya antusiasme dari teman-teman tersebut menjadi lahan baru bagi para penipu untuk mencari korban.

Read More

Seperti yang sudah saya tulis dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul “Penipuan Tokutei Ginou! Tak Bisa Kerja, Malu Pulang Ke Indonesia”, yang menceritakan tentang beberapa teman kita yang menjadi korban penipuan dengan iming-iming visa tokutei ginou. Mereka sudah mengeluarkan banyak uang untuk proses keberangkatan mereka, namun berakhir dengan ditelantarkan di hotel begitu saja.

Kasus seperti diatas bisa terjadi karena kurangnya informasi yang mereka ketahui mengenai program tokutei ginou ini, dan terlalu terburu-buru ingin berangkat ke Jepang. 

Untuk menghindari kasus penipuan seperti itu, sebaiknya kita cari tahu dulu informasi mengenai tokutei ginou ini. Cari tahu semua informasi mulai dari tahapan prosesnya seperti apa? status di jepang sebagai apa? berapa biaya yang dibutuhkan sampai keberangkatan? dan informasi-informasi penting lainnya.

Salah satu hal terpenting yang wajib kita ketahui adalah tahapan proses dari awal sampai keberangkatan ke jepang. Dengan memahami proses dan prosedur tersebut, kita bisa berangkat ke jepang dengan aman tanpa adanya penipuan. 

Tahapan proses ini ditujukan bagi anda pendatang baru yang sebelumnya belum pernah magang dijepang, dan juga bagi ex magang yang ingin pindah ke bidang pekerjaan yang lain. Secara garis besar, tahapan proses untuk kerja di jepang dengan visa tokutei ginou atau Specified Skilled Worker adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Materi Skill Test dan Bahasa Jepang Untuk Perawat Lansia atau Kaigo

Proses Kerja di Jepang Dari Awal Sampai Keberangkatan

1. Penuhi Persyaratan Wajib

Bagi pekerja baru yang ingin bekerja di Jepang diwajibkan menguasai bahasa jepang setara JLPT N4 dan memiliki keterampilan khusus di bidang kerja yang ingin dilamar. 

Serifikat keterampilan khusus bisa didapatkan dengan mengikuti skill test yang diadakan di Indonesia. Sedangkan sertifikat kemampuan bahasa Jepang JLPT N4 bisa di dapatkan dengan mengikuti ujian bahasa jepang yang di adakan 2 kali dalam setahun dibulan juli dan desember. Atau jika tidak sempat mengikuti ujian JLPT N4, bisa diganti dengan tes JFT-Basic yang diadakan oleh Japan Foundation.

Cara pendaftaran tes keterampilan dan JFT-Basic, Materi tes keterampilan bidang AgricultureIndustri makanan dan minuman, dan bidang Food service , semua sudah saya bahas pada artikel-artikel sebelumnya.

2. Melamar Lowongan Pekerjaan di Situs Kemnaker

Perlu diketahui program tokutei ginou menggunkan skema B to C (Business to Candidate) atau skema mandiri. Dimana kandidat atau calon pekerja berhubungan langsung dengan perusahaan penerima. Dengan kata lain kita sendiri langsung melamar ke perusahaan penerima.

Kita bisa melamar atau mencari lowongan kerja melalui situs IPKOL ayokitakerja.kemnaker.go.id. Atau bisa juga meminta bantuan LPK penyalur untuk membantu mencarikan perusahaan di Jepang. Tapi perlu diingat, lpk hanya sebatas membantu menghubungkan kita dengan perusahaan jepang. Yang menentukan diterima atau tidaknya adalah dari hasil interview kita dengan perusahaan penerima.

Jika anda memilih untuk mencari lowongan lewat situs IPKOL kemnaker, anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs ayokitakerja.kemnaker.go.id. Dalam proses pendaftaran diperlukan dokumen-dokumen antara lain ktp, pas foto, surat ijin orang tua/suami/istri, surat nikah bagi yang sudah menikah.

Jika sudah terdaftar, anda bisa melamar lowongan yang anda inginkan jika tersedia, dan menunggu tahapan proses selanjutnya oleh AO atau perusahaan penerima.

Baca Juga :  Update Terbaru Tokutei Ginou, Cara Pendaftaran Visa Kerja ke Jepang

3. Tes Interview dan Medical oleh Perusahaan Penerima

Setelah melamar lowongan di situs IPKOL, proses selanjutnya adalah melakukan tes interview dengan perusahaan penerima. Interview bisa dilakukan secara langsung atau bisa juga secara online melalui skype atau yang lainnya. Untuk bagaimana cara-cara melakukan interview dengan orang jepang, anda bisa mengikuti pembekalan yang diadakan oleh LPK pelatihan bahasa jepang.

Setelah lolos tes interview, terdapat tes medical untuk memastikan bahwa kondisi kita sehat dan layak untuk bekerja di Jepang.

4. Perusahaan Penerima Membuat Surat Perjanjian Kerja

Setelah dinyatakan lolos dalam tes interview dan medical check up, tahapan proses selanjutnya adalah pembuatan surat perjanjian kerja atau kontrak kerja oleh perusahaan penerima. Surat perjanjian kerja tersebut nantinya akan dikirimkan kepada calon pekerja untuk di tanda tangani.

Setelah surat perjanjian kerja ditanda tangani oleh calon pekerja, surat perjanjian kerja tersebut dikirim balik atau dikembalikan kepada Perusahaan penerima, untuk pengurusan pengajuan CoE atau surat ijin tinggal. Selain itu pihak perusahaan penerima juga menyiapkan support plan dan mencarikan RSO (Registered Support Organisation) untuk membantu kita selama berada di Jepang.

5. Mengisi Data Diri di SISKOTKLN

Setelah CoE sudah turun, calon pekerja diwajibkan mengisi data diri di situs SISKOTKLN (http://siskotkln.bnp2tki.go.id) untuk mendapatkan e-ID yang nantinya digunakan untuk permohonan visa. Dokumen yang dibutuhkan untuk di upload antara lain :

  • Paspor
  • Surat perjanjian kerja
  • CoE (surat ijin tinggal)
  • Surat keterangan sehat (hasil MCU)

Setelah mengisi data diri, calon pekerja diwajibkan membayar biaya BPJS-TK menggunakan kode billing yang terdapat di situs SISKOTKLN. Pembayaran dilakukan dibank yang telah ditentukan.

Selanjutnya untuk memverifikasi dokumen-dokumen yang kita miliki, kita diwajibkan datang ke kantor BP3TKI / LP3TKI / P4TKI / LTSA membawa dokumen-dokumen diatas. Selain itu kita juga akan mendapatkan Orientasi Pra Pemberangkatan oleh petugas.

6. Apply atau Pengajuan Visa Tokutei Ginou

Setelah semua dokumen terpenuhi, tahapan proses selanjutnya adalah pengajuan visa ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Untuk pengajuan visa tokutei ginou, anda bisa datang langsung ke Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa tokutei ginou adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Materi Ujian atau Tes Keterampilan Tokutei Ginou Food Service Industry
  • Paspor
  • Formulir permohonan visa (bisa didapat di website kedutaan jepang)
  • Pasfoto terbaru ukuran 4,5×4,5 cm tanpa latar dan diambil dalam 6 bulan terakhir
  • Fotocopy KTP
  • Certificate of Eligibility (Asli & fotokopinya)
  • Print out e-ID atau e-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) yang didapat dari situs SISKOTKLN

7. Berangkat Ke Jepang

Inilah tahapan akhir dan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua calon pekerja, yaitu pemberangkatan. Setelah semua dokumen lengkap dan semua proses telah selesai, calon pekerja berangkat ke Jepang. Setelah tiba di Jepang, calon pekerja diwajibkan lapor ke KBRI atau KJRI yang berada di Jepang melalui situs Portal Peduli WNI. Selanjutnya pihak Perusahaan penerima memberikan pembekalan kepada calon pekerja sebelum mulai bekerja. 

Akhirnya sampai juga di Jepang dan memulai keseharian hidup di Jepang. Bagi anda yang baru pertama kali ke Jepang, beberapa bulan pertama mungkin akan merasa berat tinggal dan bekerja di Jepang. Karena dari segi apapun banyak yang berbeda ketika berada di Indonesia. Namun tidak perlu khawatir, hal tersebut akan menjadi biasa jika kita melakukannya dengan senang hati tanpa adanya perasaan tertekan.

Semoga bagi anda yang membaca artikel ini bisa segera mendapatkan pekerjaan dan bisa segera berangkat ke jepang. Jika artikel ini dirasa penting, share ke teman-teman anda agar mereka bisa mengetahui informasi ini. 

Ikuti terus perkembangan tokutei ginou dan informasi lainnya bersama IDmarimo. Dengan cara subscribe menggunakan email melalui form yang berada di bagian paling bawah artikel ini. Atau bisa juga dengan Like dan ikuti fanpage IDmarimo di Facebook. Semoga bermanfaat,,,

sumber referensi : https://kbritokyo.jp/alur-proses-ssw-bagi-newcomer-pekerja-baru/ & https://www.id.emb-japan.go.jp/visa_tokuteiginou.html

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *