Penjelasan Fungsi Berbagai Menu Di Blogger.com

  • Whatsapp

Seperti yang saya janjikan di postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai fungsi menu-menu yang terdapat di situs Blogger. Bagi anda yang baru saja memulai blog dengan web Blogger, pasti anda akan merasa bingung dengan berbagai menu yang terdapat pada dashboard Blogger.com.

Sebenarnya, google selaku perusahaan yang mengakuisisi blogger.com, telah menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun. Namun tetap saja, masih ada yang belum mengerti akan fungsi dari menu-menu tersebut. Apalagi bagi mereka yang jarang bergelut dalam dunia internet. Mungkin anda juga termasuk salah satu didalamnya.

Read More

Namun anda tidak perlu khawatir, dalam artikel yang berjudul fungsi menu-menu dalam web blogger ini, akan dijelasakan berbagai fungsi dan kegunaan dari berbagai menu tersebut. Jadi setelah anda membaca tuntas artikel ini, diharapkan anda bisa menggunakan dengan benar menu-menu pada web Blogger. Baiklah langsung saja berikut ini daftar menu dan kegunaan dari masing-masing menu tersebut.

Fungsi Menu Di Dashboard Blogger.com

Postingan

Menu postingan berfungsi untuk menampilkan semu artikel atau postingan yang sudah kita buat. Disini juga kita bisa melihat rincian dari artikel-artikel yang sudah dibuat. Seperti siapa author atau penulis artikel tersebut, kapan artikel tersebut dibuat, dan berapa kali artikel tersebut dilihat oleh pengunjung. Didalam menu postingan terdapat sub menu,

Semua, Menu ini menampilkan semua postingan yang sudah kita buat. Baik yang sudah dipuload atau dipublikasikan, maupun yang masih dalam bentuk draf atau ranncangan.

Baca Juga :  Cara Download Video Youtube SS Tanpa Aplikasi Dengan Cepat

Draf, berisi semua artikel yang sudah anda tulis, tetapi belum dipublikasikan dihalaman blog. Misalnya sewaktu-waktu kita tidak selesai dalam menulis sebuah artikel, artikel akan disimpan kedalam draf. Postingan yang berada dalam draf, tidak dipublikasikan kedalam blog. Sehingga tidak ada siapapun yang bisa melihatnya.

Diterbitkan, berisi postingan yang sudah sepenuhnya selesai dan diterbitkan kedalam blog. Semua artikel yang sudah diterbitkan atau dipublikasikan bisa dilihat oleh siapa saja melalui blog anda.
Dibagian atas daftar postingan juga terdapat menu Label, Publikasikan, dan Kembalikan ke draf. Dimana masing-masing menu tersebut memiliki funsi yaitu,

Label, untuk menampilkan postingan berdasarkan label atau kategori. Menu ini akan sangat berguna saat sudah memiliki banyak artikel. Tentu akan menyulitkan jika kita mencari sebuah artikel jika jumlah artikel berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

Publikasikan, berguna untuk mempublikasikan artikel yang berada di dalam draf secara bersamaan. Kita tinggal menandai artikel mana saja yang ingin dipublikasikan, lalu klik menu publikasikan.

Kembalikan ke draf, memiliki fungsi kebalikan dari menu publikasikan. Yaitu untuk mengembalikan artikel yang sudah dipublikasikan kedalam draf. Artikel yang sudah dikembalikan ke draf tidak akan muncul di halaman blog.

Statistik

Menu ini digunakan untuk melihat statistik pengunjung yang telah mengunjungi blog kita. Dalam menu ini kita dapat melihat kinerja dari blog kita. Mulai dari jumlah pengunjung tiap hari, artikel mana yang paling banyak dikunjungi, dari negara mana pengunjung blog kita, dan masih ada lagi statistik yang ditampilkan disini.

Komentar

Kita tahu bahwa pada template atau tema bawaan, terdapat form komentar dibawah halaman yang ada diblog kita. Dengan kolom komentar ini pengunjung bisa memberikan komentar atau tanggapan terhadap artikel yang kita buat. Ada berbagai tipe komentar yang biasanya dituliskan pada blog. Ada yang benar-benar menanggapi artikel yang kita buat, ada juga yang hanya sekedar spam.

Baca Juga :  Perbedaan RAM Laptop DDR3 Dan DDR3L Low Voltage, Jangan Sampai Salah

Nah untuk memilah komentar-komentar tersebut, kita bisa menggunakan menu komentar pada dashboard blogger ini. Pada menu komentar ini, kita bisa melihat semua komentar yang ditulis pada blog kita. Jika ada komentar yang sekiranya tidak sesuai dengan artikel, kita bisa menghapus atau mengkategorikan komentar tersebut sebagai spam.

Penghasilan

Menu ini bisa digunakan untuk pengajuan atau pendaftaran google adsense. Namun akun adsense yang terdaftar melalui blogger seperti ini adalah akun hosted. Akun hosted sendiri adalah akun google adsense yang didaftarakan melalui mitra google, salah satunya ya blogger.com ini.
Kekurangan akun hosted adalah jika kita ingin mengaitkan atau memasang iklan pada blog selain dari blogger, harus dilakukan peninjauan ulang lagi.

Halaman

Menu ini berguna untuk membuat suatu halaman atau page pada blog. Meskipun halaman hampir sama dengan postingan, namun struktur penulisan link sangat berbeda.

Halaman biasanya digunakan untuk menulis laman police privacy, tentang kami, kontak, dan diclaimer. Namun meskipun begitu ada juga orang yang menulis postingan pada halaman ini, dimana hal tersebut tidak dianjurkan.

Tata Letak atau Layout

Jika anda ingin menatur tata letak atau posisi widget blog, di sinilah tempatnya. Pada menu tata letak kita bisa menambahkan berbagai macam widget yang kita inginkan. Selain itu kita juga bisa memindahkan widget yang sudah kita pasang ke posisi yang lain. Misalnya kita ingin memindahkan widget iklan ke posisi paling atas sidebar agar iklan lebih mudah dilihat.

Baca Juga :  Tips Memilih Nama Domain Blog Yang Bagus

Jika kita ingin menambahkan header atau icon blog (favicon) agar blog terlihat keren, anda bisa melakukannya dengan menu tata letak ini.

Tema

Menu tema berfungsi sebagai tempat mengatur tampilan blog. Anda bisa memilih bermacam-macam desain tema yang sangat menarik secara gratis. Bahkan kita bisa memiliki desain tampilan blog seperti situs-situs populer dengan cara membeli template premium. Kelebihan template atau tema premium biasanya memiliki desain yang keren dan juga waktu loading halaman yang lebih cepat.


Selain untuk mengatur tampilan secara garis besar, kita juga bisa mengatur jenis font, ukuran font, warna font, dan masih banyak lagi lainnya. Terdapat menu untuk Edit HTML yang biasa digunakan untuk melakukan penyesuaian tiangkat lanjut. Saran saya, jika anda belum memiliki basic tentang HTML sebaiknya tidak usah menggunakan menu edit html ini. Karena sedikit kesalahan saja bisa menyebabkan error pada blog.

Setelan

Menu ini berfungsi untuk pengaturan blogger, yang lebih ke pengaturan dasar seperti judul blog, deskripsi blog, pemilihan bahasa blog, dan lain sebagainya.

Jika memang tidak terlalu penting, saya sarankan untuk tidak merubah setingan bawaan blogger ini. Karena jika salah seting pada menu-menu yang sensitiv, bisa berakibat fatal. Bahkan paling parahnya blog kita menjadi tidak terindeks oleh google, alhasil artikel tidak bisa ditemukan dihasil pencarian google.

itulah gambaran umum mengenai menu-menu yang terdapat pada situs Blogger.com. Masih ada banyak sekali menu-menu yang tidak saya sebutkan diatas. Anda bisa mencoba sendiri berbagai fitur yang tersedia di Blogger.com untuk mengetahui seluk beluk tentang situs blogger.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *